Laman

Selasa, 30 Maret 2010

Akad Nikah Cara Islam atau Cara Adat Jawa

Dari hasil rapat keluarga wiken kemarin, ini yang sempet jadi perdebatan... "Kamu mau akad nikah cara Islam atau Cara adat jawa?" nah loh... gw bingungnya setengah mati waktu ditanya gitu... emang apa bedanyaa??

Konon katanya yang katanya... kalo cara islam itu ya semua hadir... dari mulai orang tua si bebeh, orang tua gw, trus yang duduk sama2 ngelilingin meja itu adalah penghulu, wali, 2 orang saksi, si bebeh dan gw *seperti akad nikah yang sering kita liat...

Sementara kalo cara adat jawa itu... Orang tua si bebeh ngga dateng ke acara akad... dan gw nya diumpetin di kamar atau di ruangan, jadi gw ngga ngeliat waktu si bebeh ngucap Ijab Qabul... nanti penghulu didampingin sama bokap gw masuk ke kamar atau ruangan itu buat minta gw tanda tangan di buku nikah... *wadaaww macam kucing dalem karung ajah gw... baru setelah itu acara di lanjutin sama acara panggih... disitu baru gw keluar... dan orang tua si bebeh baru boleh dateng disini... *acara panggih lengkapnya kaya apa gw posting di berikutnya*

Setelah denger penjelasan tante2 gw yang semangat pisan ngurusin keponakannya ini, gw jadi mikir... koq kayanya aneh kalo gw nya diumpetin, jd gw ngga ngeliat si bebeh nyebut ijab qabul... that's the "IT" kan yah... ini inti dari semuanya *sampe bingung apa aja yg mesti disebut sangking "SEMUANYA", dan penyebab gw jungkir balik ngiapin ini semua juga itu toh intinya... mosok gw nya ngga ada... dan lagi masa nyokap bokap nya si bebeh ngga hadir waktu anak bontot kesayangannya bukan main bukan kepalang itu nyebut ijab qobul... mmm...

Tapi menurut tante2 gw *lagi, katanya kalo mau cara islam yang gw nya hadir, nyokap bokap nya si bebeh juga hadir, berarti ngga ada panggih... karena inti dari panggih itu sendiri adalah "ketemu"... wong udah duduk bareng koq mau ada acara ketemu lagi.... gitu katanya menurut mereka... sementara bokap gw firm maunya ada panggih... wadaaooww... saiya jadi pusying...

Akhirnya gw dateng kulonuon sama bokap nyokapnya si bebeh... ternyata bener mereka mau hadir di acara akad itu, ngeliat si bontot nan botoh itu ngucap ijab qobul... tapi mereka juga setuju sama bokap gw buat tetep ada acara panggih... nah loh makin pusying saiyahh...

Akhirnya kita mutusin buat bikin rapat keluarga lagi minggu depan khusus untuk ngomongin ini... apa yg gw mau ya sudah lah lupakan sajah... saiyah nurut aja deh... dari pada di kejar orang sekampung gara2 ngga mau nurut... yang jadi pertimbangan adalah yang bokap gw mau, tante2 gw mau dan nyokap bokap nya si bebeh mau... emang ngga ada yah "Akad cara adat jawa modifikasi" hehehhehe... biar maunya semua orang bisa dijlananin gitu lhooo.... atau ada yang pernah liat ngga acara akad yg CPW nya duduk sama2 waktu ijab tapi abis itu acaranya dilanjutin sama acara panggih?

2 komentar:

  1. wkwkwk lucu jg baca artikel kamu, aku jg nanti pakai adat panggih setelah akad, tp keluarga besar kami berdua gak ada tuh mempermasalahkan adat jawa/adat islam yg kamu sebutin, keluargaku solo, keluarga cami jogja, sama2 masih kentel bgt nih...

    Rencananya pd saat akad keluarga besar kami semua hadir termasuk saya dan si-mas di depan penghulu. Lalu selanjutnya setelah touch-up dgn make-up paes ageng baru deh lanjut acara panggih (^___^)/

    BalasHapus
  2. Hallo Riaa... nah iya maksud ku juga maunya acara akad seperti akad biasanya yg semuanya hadir, trus tetep dilanjutin sama acara panggih... tapi weis lah aku manut ajah pada maunya begimana... tapi tetep sedih siy kalo aku nya diumpetin... dah bayar make up mahal2 eehhh diumpetin jugaa... hiks... btw aku blom link blog kamu yah? aku link yaahh... :)

    BalasHapus